Kini perusahaan minuman sangat beragam karna kebutuhan akan
minuman instant yang diperlukan pada zaman sekarang. Salah satunya adalah PT.
Ultrajaya Milk Industry & Trading Company Tbk merupakan industry besar yang
berkembang di Negara kita. Sebelum memulai suatu usaha baik sekala kecil atau
besar sebaiknya perusahaan memikirkan untuk jangka kedepannya untuk beberapa
tahun kedepan, apakah ada kekuatan dan kelemahan, ancaman dan kesempatan
perusahaan atau pesaing lain yang akan masuk ke dalam ancaman perusahaan
tersebut. Maka untuk memprediksi atau menilai kondisi tersebut maka di gunakan
sebuah analisis yang di kenal dengan analisis SWOT.
Analisis SWOT adalah Indentifikasi berbagai faktor secara sistematis unutk merumuskan strategi perusahaan. Tujuan dari analisis SWOT itu sendiri adalah dilakukan unutk mengidentifikasi kondisi internal dan ekternal yang terlibat sebagai inputan untuk perancangan proses sehingga proses yang dirancang dapat berjalan dengan efesien dan efektif. Analisis SWOT dapat dilakukan dari dua pihak yaitu pihak Internal dan Eksternal Perusahaan. kedua faktor ini harus di pertimbangkan dalam melakukan analisis SWOT.
Analisis SWOT adalah Indentifikasi berbagai faktor secara sistematis unutk merumuskan strategi perusahaan. Tujuan dari analisis SWOT itu sendiri adalah dilakukan unutk mengidentifikasi kondisi internal dan ekternal yang terlibat sebagai inputan untuk perancangan proses sehingga proses yang dirancang dapat berjalan dengan efesien dan efektif. Analisis SWOT dapat dilakukan dari dua pihak yaitu pihak Internal dan Eksternal Perusahaan. kedua faktor ini harus di pertimbangkan dalam melakukan analisis SWOT.
Analisis SWOT teridiri dari
4 ( empat ) komponen yang terdiri dari:
1. Streangth ( S ) adalah
situasi atau kondisi yang merupakan kekuatan dari organisasi program pada saat
ini di suatu perusahaan.
2. Weakness ( W ) adalah
situasi / kondisi yang merupakan kelemahan dari organisasi atau program pada saat
ini.
3. Opportunity ( O ) adalah
situasi / kondisi yang merupakan peluang di luar organisasi dan memberikan
peluang berkembang bagi organisasi di masa depan.
4. Therat ( T ) adalah
situasi yang merupakan ancaman bagi organisasi yang datang dari luar organisasi
dan dapat menggunakan eksistensi organisasi dai masa akan datang.
Berikut adalah hasil
analisis SWOT pada PT. Ultrajaya Milk Industry & Trading Company Tbk.
Kekuatan pada PT.
Ultrajaya Milk Industry & Trading Company Tbk
Kekuatan utama PT Ultrajaya terletak pada visi pemasaran yang terfokus – terus menerus membangun merek yang kuat dan memerlebar ragam produk makanan dan minuman untuk memenuhi kebutuhan konsumen Indonesia.
Kekuatan utama PT Ultrajaya terletak pada visi pemasaran yang terfokus – terus menerus membangun merek yang kuat dan memerlebar ragam produk makanan dan minuman untuk memenuhi kebutuhan konsumen Indonesia.
Untuk melaksanakan hal ini,
PT Ultrajaya telah melakukan investasi yang signifikan dalam aktivitas
pemasaran, teknologi, pengembangan produk dan yang paling penting, distribusi.
Perusahaan ini termasuk
salah satu perusahaan di Indonesia yang memiliki jaringan distribusi yang
paling luas, mencakup seluruh daerah Indonesia, mulai dari Sumatera di ujung
Barat hingga Papua di ujung Timur. Hal ini dapat dicapai oleh adanya sistem
distribusi yang terdiri dari 2,500 grosir yang bersama-sama melayani lebih dari
25,000 toko ritel (toko moderen dan tradisional), hotel dan pelanggan komersial.
Jaringan distribusi ini
juga didukung oleh jaringan penjualan PT Ultrajaya yang terdiri dari lebih 300
tenaga penjual, lebih dari 100 kendaraan, serta 9 depo dan kantor cabang di
kota-kota besar, ditambah lagi oleh beberapa distributor lokal.
Pasar utama PT Ultrajaya
adalah Indonesia dengan populasi 200 juta orang yang memiliki tingkat daya beli
yang meningkat. Pasar domestik mencapai 90 persen dari total produksi
perusahaan ini. Namun sejak 1988, perusahaan ini mulai aktif memasuki pasar
ekspor ke negara-negara tertentu.
Kelebihan dari PT ULTRAJAYA MILK
INDUSTRY & TRADING COMPANY Tbk. :
•SDM yang besar dan terlatih
•Harga produk yang komputitif
•Keadaan distribusi dan pangsa pasar
•Loyalitas konsumen terhadap produknya
•Brand Image
•Pertumbuhan penjualan
•Keadaan distribusi dan pangsa pasar
•Riset dan sevelopment yang Intensif
•Harga produk yang komputitif
•Keadaan distribusi dan pangsa pasar
•Loyalitas konsumen terhadap produknya
•Brand Image
•Pertumbuhan penjualan
•Keadaan distribusi dan pangsa pasar
•Riset dan sevelopment yang Intensif
Kelemahan dari PT ULTRAJAYA MILK
INDUSTRY & TRADING COMPANY Tbk. :
•Ketersediaan bahan baku
•Biaya produksi yang tinggi
•Ketersediaan bahan baku
•Biaya produksi yang tinggi
Ancaman PT ULTRAJAYA MILK INDUSTRY & TRADING COMPANY Tbk
- kebijakan pemerintah
- Masuknya para pesaing baru
- Fluktuasi nilai tukar rupiah
- terhadap pesaing produk lainnya
Peluang PT ULTRAJAYA MILK INDUSTRY & TRADING COMPANY Tbk.
- meningkatkan kualitas usahanya
- memenuhi permintaan pasar
- memenuhi kebutuhan konsumen agar perusahaan dapat mempertahankan kelangsungan hidup dan kemajuan usahanya.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar